Halaman

Jumat, 11 Maret 2011

PERKEMBANGAN SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA

Pendahuluan

Perkembangan sistem perekonomian indonesia sejak republik indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945 hingga perkembangannya dalam Dekade pembangunan saat ini tidak sedikit mendapat tantangan baik yang brersumber dari luar negri maupun dari dalam negri; terutama pada saat pemerintah inonesia dikuasai oleh aliran komunisme di tahun lima puluhan yang telah mengubah sistem perekonomian indonesia dari sistem perekonomian demokrasi ekonomi sebagaimana tercermin dalam pasal 33 undang-undang 1945 ke arah sistem perekonomian Etatisme ala rusia. bagaimanakah akibat yang dirasakan dalam perkembamngan ekonomi di indonesia.
Proses pembangunan ekonomi di suatu negara sangat di tentukan oleh faktor – faktor domestik seperti kondisi fisik dan sosial serta lokasi geografi, sumber daya alam yang di miliki dan sistem politik serta peranan pemerintah di dalam ekonomi.
Pengalaman indonesia sendiri menunjukan bahwa pada zaman pemerintahan orde lama, regim yang berkuasa menerapkan sistem ekonomi tertutup dan lebih mengutamakan militer dari pada kekuatan ekonomi serta kesatuan dan stabilitas nasional ini semua menyebabkan ekonomi nasional pada masa itu mengalami stagnasi dan sebagai akibat selanjutnya dari proses pembangunan ekonomi di tanah air pada masa Orde Lama dan perkembangan pada masa Orde Baru.



Sistem perekonomian indonesia

A.    Sekilas perkembangan sistem perekonomian indonesia sejak 1950
       Tanggal 14 Agustus 1950 adalah tanggal kembalinya republik indonesia mendapat pengakuan kemerdekaannya ( pengakuan kedaulatan ), pada tanggal 27 Desember 1949 dari pemerintah belanda sebagai hasil konperensi meja bundar (KMB) yang di adakan di negri belanda ( Den Haag ) pada tanggal 23 Agustus 1945.
        Sejak republik indonesia kembali sebagai negara kesatuan untuk memperbaiki keadaan perekonomian dalam negri, berbagai sistem, cara dan kebijakan telah ditempuh . Hal ini telah di tunjang pula denan adanya kenaikan Ekspor indonesia sebagai akibat adanya “ Korea Boom “ perang korea mengakiatkan kenaikan pada komoditi ekspor indonesia terutama karet sebagaimana terlihat perkembangannya .
Perkembangan ekspor ( dalam jutaan rupiah )
Tahun  Nilai (jutaan)  Tahun   Nilai (jutaan)       
1957         9.579          1956         1o.209
1954         9.879          1957         11.052
1955         10.779
Namun segala usaha pemerintah saat itu untuk dapat memperbaiki kehidupan ekonomi dalam negri dengan berbagai sistem cara dan kebijakan tidaklah memperoleh hasil sebagaimana diharapkan ketidak berhasilan pemerintah saat itu kiranya dapat di utarakan antara lain sebagai berikut:
Setelah republik indonesia kembali sebagai negara kesatuan (14 Agustus 1950) pemerintah saat itu menyusun suatu program yang di sebut “ program Banteng ”
Tujuan program banteng tersebut adalah dalam rangka menciptakan pengusaha pribumi indonesia dengan mengeluarkan perundang - undangan untuk   menunjang kredit. kemudian pada tahun 1951, pemerintah menyusun rencana urgenci perekonomian (RUP) yang disebut dengan “ sumitro plan” pengaruh program banteng terhadap pelaksanaan RUP tersebut di dalam kebijaksanaan Ekonomi sosial . Namun karena adanya kenyataan bahwa :
1.      Struktur ekonomi masih bersifat kolonial “ yang dipengaruhi oleh perusahaan – perusahaan asing yang berorientasi ekspor di dalam sektor modern dan pertanian sederhana di dalam sektor tradisional ‘;
2.      BNI belum di nasionalisir
3.      Pengakuan umum seperti angkutan laut “ kpm” ( koning klijko paketvaart maatschappij ) masih berada di tangan belanda;
Maka dalam keadaan atau situasi yang demikian itu, sukarlah untuk secara radikal merombak kekuatan ekonomi.
     Rencana urgensi Ekonomi kemudian di lanjutkan dengan rencana lima tahun pertama (1955 – 1960) . program yang tercermin dalam lima tahun pertama bersifat indikatif . namun sifatnya lengkap dan menyeluruh, dengan pemikiran luas dan terinci dalam tiga jilid.
     Sebagimana telah di utarakan di atas, bahwa rencana lima tahun pertama bersifat indikatif . Tetapi rencana lima tahun pertama yang di susun oleh Biro perancang Negara mengalami kegagalan dalam pelaksanaannya sedangkan REPALITA telah banyak memberikan hasil yang telah dapat di nikmati oleh orang banyak .
1.      Rencana lima tahun pertama (1955 – 1960)
a.       Disusun oleh Biro perancang Negara yang kemudian merupakan rencana ekonomi pemerintah saat itu ( kabinet Ali Sastro amidjojalli september 1956 ) .
b.      Pada saat itu situasi makin tidak menentu sebagai akibat perasaan anti belanda yang kian meningkat dalam persoalan Irian Brat yang berkelanjutan dengan pengambilalihan perusahaan – perusahaan belanda.
      Akibatnyakebijaksanaan ekonomi yang di jalankan sebagai konsekuensi di             anutnya rencana lima tahun pertama, praktis tidak ada. Singkatnya, yang terjadi adalah semakin pentingnya masalah politik dengan mengorbankan masalah ekonomi.


2.      REPALITA
a.       Repalita di susun oleh BAPERNAS dengan mengikutsertakan seluruh lapisan masyarakat melalui diskusi – diskusi ( lembaga – lembaga negara, Departemen Teknis / LPND, BAPPEDA, Teknokrat / perguruan tinggi, Teknisi, kaum politisi, pemuka masyarakat, swasta dan sebagainya. )
b.      Repalita yang merupakan suatu rencana indikatif yang meliputi jangka waktu lima tahun, di terjemahkan secara lebih lengkap dan terinci dalam rencana tahunan.
c.       Rencana tahun tersebut di rumuskan secara terinci sampai tingkat proyek-proyek berdasarkan prioritas sektoral. Dengan sasaran biaya yang jelas yang tercermin dalam APBN dengan demikian, pelaksanaan Repalita tahun demi tahun termasuk penyediaan biayanya telah terlebih dahulu di setujui DPR, dalam bentuk undang – undang sesuai pasal 23 ayat (1) UUD 1945.
d.      REPALITA adalah penjabaran dari GBHN (Garis –garis besar Haluan Negara) yang di tetapkan sendiri oleh rakyat melalui DPR.
     Dari gambaran tersebut di atas, terlihatlah bahwa REPALITA di susun benar – benar berdasarkan kebutuhan rakyat banyak yang terlihat dari prioritas sektoralnya, sehingga jelas sasarannya. Hal ini lah yang menyebabkan mengapa REPALITA telah berhasil dalam rangka meningkatkan tarap hidup masyarakat walaupun dalam pelaksanaannya tidak sedikit tantangan – tantangan yang harus di hadsapi.


B.     Perekonomian di indonesia pada masa Orde Lama
     Proses pembangunan Ekonomi di tanah air pada masa Orde Lama ( Stagflasi     adalah stagnasi produksi dengan tingkat inflansi yang tingi ) setelah kemerdekaan ekonomi nasional boleh di katakan mengalami stagflasi yang di sebabkan beberapa faktor, Faktor yang penting di antaranya:
-          Akibat pendudukan jepang
-          Perang dunia II ( dua )
-          Dan Perang Revolusi
-           Serata akibat manajemen ekonomi makro yang sang jelek
Akibat dari semua itu tingkat inflasi sangat tinggi hingga mencapai kurang lebih 500% menjelang akhir periode lama, defisit. Sebab neraca pembayaran dan keuangan pemerintah sangat besar dan kegiatan produksi sektor – sektor ekonomi termasuk pertanian dan industri praktis terhenti.
Dari tahun 1949 sampai 1956 pemerintah indonesia menerapkan sistem politik yang disebut Demokrasi Liberal. Setelah itu terjadi transisi politik ke sistem ekonomi atau “ demokrasi terpimpin “ yaitu antara tahun 1957 s/d 1965 berbeda dengan periode sebelumnya. Pada zaman Demokrasi Terpimpin kekuasaan militer dan presiden soekarno sangat besar, sedangkan pada periode demokrasi liberal kekuasaan ada di tangan  sejumlah partai politik dua di antaranya adalah partai masyumi dan partai nasional indonesia (PNI).
Selama periode 1949 – 1956, struktur ekonomi indonesia masih peninggalan zaman kolonialisasi sektor formal atau modern, seperti pertambangan, distribusi, transpor. Bank dan pertanian komersil yang memiliki kontribusi lebih besar dari pada sektor informal atau tradisional terhadap output nasional di dominasi oleh perusahaan – perusahaan asing yang kebanyakan berorientasi ekspor komoditi primer.
     Keadaan ekonomi indonesia terutama setelah di lakukan nasionalisasi terhadap semua perusahaan – perusahaan asing di tanah air, termasuk perusahaan – perusahaan milik belanda menjadi lebih buruk di bandingkan
keadaan ekonomi semasa penjajahan belanda di tambah lagi dengan peningkatan laju inflasi yanng sangat tinggi pada tahun 1950an.
Nasionalisasi perusahaan – perusahaan Belanda dan asing lainnya yang di lakukan pada tahun 1957&1958 adalah awal periode “ ekonomi terpimpin “ (Guided Economy) . sistem politik dan ekonomi pada masa orde lama, khususnya setelah “ ekonomi terpimpin “ semakin dekat dengan haluan atau pemikiran sosialis atau komunis.
Hingga akhir tahun 1950-an, sumber utama penanaman modal assing di indonesia berasal dari belanda yang sebagian besar untuk kegiatan ekspor seperti perkebunan, pertambangan .


C.    Perkembangan Ekonomi Indonesia pada Masa Orde Baru
      Pembangunan nasonal telah di renanakan meliputi pembangunan jangka
panjang,pembangunanjangka menengah,pembangunan jangka pendek.
Pembangunan jangka panjang tahap I (PJPT I) berlangsung selama 25
tahun.PJPT I terdiri atas lima tahapan jangka menengah.Setiap tahapan
jangka menengah waktunya lima tahun yang di kenal dengan nama
pembangunan lima tahun(pelita).Setiap pelita di bagi menjadi lima tahapan
jangka pendek,yaitu satu tahunan yang di kenal sebagai pelita tahun
pertama,dan seterusnya sampai pelita tahun ke lima.
Pemerintah orde baru mulai melaksanakan rencana pembangunan lima tahun
sejak 1 April 1969 melalui tahapan tahapan pelita.
Perkembangan perekonomian Indomesia pada masing-masing pelita adalah
sebagai berikut:
1.      PELITA I
      Pelita I dimulai 1 April 1969-31 Maret 1947.Pelita ini menekan pada
rehabilitasi ekonomi,khususnya mengangkat hasil pertanian dan
penyempurnaan system irigasi dan transportasi.Hampir selruh target di
sector produksi berhasil di capai,bahkan produksi beras meningkay 25%.
Tujuan pelita I adalah menaikan taraf hidup rakyat dan sekaligus
meletakan dasar-dasar yang kuat bagi pembangunan nasional dalam tahap-
tahap berikutnya.
2.      PELITA II
        Pelita II berlamgsung pada tangggal 1 April 1974-31 Maret 1979.Pelita II
menekankan pada peningkatan standar hidup bangsa Indonesia.Tujuan
tersebut di wujudkan dengan menyediakan pangan,sandang,dan papan yang
lebih baik;meningkatkan pemerataan kesejahteraan;dan menyediakan
lapangan kerja.
3.      PELITA III
        Pelita III di mulai tanggal 1 April 1979-31 Maret 1989.Pelita ini
menekankan pada sector pertanian untuk mencapai swasemada pangan
pangan dan pemantapan indystri yang mengolah bahan dasar atau bahan baku
menjadi bahan jadi.Pelita II menungkat 274% di banding pelita
sebelumnya..Penduduk yang hidup d bawah garis kemiskinan tinggal 26,9 %
dari jumlah penduduk tahun 1980.
4.      PELITA IV
      Pelita IV di mukai ! April 1984-31 Maret 1989.Pelita ini menekankan pada
sector pertanian untuk mempertahankan swasembada pangan sekaligus
meningkatakan industri yang dapat memproduksi mesin-mesin untuk insustri
ringan maupun berat.Penduuduk yang hidup d bawah garis kemiskinan tinggal
16,4% dari jumlah penduduk tahun 1987.
5.      PELITA V
       Pelita V di mulai tanggal 1 April 1989-31 Maret 1994.pelita ini menekankan
npada sector industri yang di dukung oleh pertumbuhan yang mantap di
sector pertanian.
6.      PELITA VI
        Pelita VI di mulai 1 April 1994-31 Maret 1999.Pelita VI maerupakan awal
pembangunan Jangka Panjang Tahap Kedua(PJPT II).Pada tahap ini bangsa
Indonesia memasuki proses Tinggal Landas menuju Terwujudnya masyarakat
maju,adil dan mandiri.Pelita VI menitikberatkan pada bidang ekonomi dengan
keterkaitan antara industri dan pertanian serta bidang pembangunan lainnya
guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.



Rabu, 01 Desember 2010

SUASANA BELAJAR MENGAJAR DI KAMPUS E

www.gunadarma.ac.id

Seperti yang sudah kita ketahui kampus E gunadarma terletak di jalan akses kelapa dua . Suasana di kampus E juga cukup kondusif dan jauh dari rel kereta jadi tidak terlalu berisik .

Di kampus E terdapat 5 gedung, setiap gedung terdiri dari 4 lantai. di Kampus E gedung 5 lt.1 terdapat perpustakaan untuk Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Sastra dan Bahasa Perpustakaan Audio Visual sedangkan perpustakaan untuk Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Perencanaan dan Sipil terdapat di Kampus D gedung 3 lt.1 tidak lupa juga di Kampus E terdapat Internet Lounge, Mesjid "Darul Ilmi" dan parkiran. Di luar lingkungan Kampus E juga terdapat banyak sekali tempat makan , warteg" , minimarket , tempat fotocopy dll . sehingga biasanya klo jm istirahat dan pulang kuliah pasti maceeeeeeeeeetttttttt !!!






Sedangkan suasanya belajar mengajar di kelas pun cukup kondusif kadang kelang tenang dan kadang juga berisik bgt kaya pasar tergantung dosen yang mengajar nya . Klo dosen tidang masuk biasanya kita suka duduk ngemper di depang kelas / koridor gtu . Di kelas di lengkapi dengan 2 buah ac walaupun ttp aja msh panas karna ac nya bermasalah ( apesnya kls saya ) dan satu OHP untuk menunjang proses  belejar-mengajar .

BISNIS SOTO ( TUGAS SOFTSKILL


BISNIS MAKANAN ( SOTO )
Manusia didunia ini pasti memerlukan makan untuk tetap bertahan hidip . Maka dari itu bisnis makanan merupakan bisnis yg menguntungkan bagi seorang penjual .
Wisata kuliner adalah fenomena baru pada masa sekarang ini. Mencoba menu makanan unik dan khas di setiap daerah memang tidak akan pernah ada bosannya. Berbagai menu yang berkembang saat ini menjadi syarat mutlak pendukung wisata kuliner. Contohnya soto, selain bakso menu soto terbilang memiliki penggemar yang cukup banyak. Sehingga makanan ini dapat dijadikan sebagai salah satu target bisnis kuliner.
Soto merupakan hidangan berkuah khas Indonesia yang sangat populer, hingga hampir di semua daerah memiliki hidangan soto dengan khas yang berbeda. Misalnya saja soto ayam, soto babat, soto limfa, soto cingur, soto sulung, soto betawi, soto bandung, soto padang, soto mie bogor, hingga coto makassar pun juga ada, lengkap dengan cara penyajian yang berbeda pula. Banyaknya varian soto yang memiliki masing – masing penggemar, memberikan peluang besar untuk menjadikannya salah satu usaha kuliner yang menjanjikan. Jika Anda penggemar soto dan memiliki keahlian dalam membuat makanan ini, tak ada salahnya jika Anda mencoba membuka usaha warung soto. Bagi Anda yang ingin berbisnis sukses dengan sajian kuliner soto, berikut kami berikan beberapa tips persiapan maupun pelaksanaan usaha warung soto.
Untuk berjualan soto, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan :
  1. Merinci modal yang akurat untuk mendapatkan keuntungan yang tepat
  2. Mempunyai skill dalam memasak, jika belum mahir maka belajarlah dari yang ahli atau dari buku
  3. Membuat resep masakan soto yang enak
  4. Memiliki cirri khas rasa yang berbeda dengan soto lain yang ada
  5. Menjaga kebersihan tempat Anda berjualan
  6. Menambah daftar menu dengan makanan atau minuman yang bervariasi
  7. Melakukan promosi dan pemasaran, misal selama launching memberikan diskon khusus serta melakukan pemasaran

prilaku pasar konsumen

Prilaku Pasar Konsumen
Apakah anda seorang konsumen ? apakah anda sering berpikir kapan anda memutuskan untuk membeli suatu produk ?
Soal perilaku konsumen ini, para pakar marketing sering berkata begini: “konsumen membeli saat mereka siap membeli dan bukan ketika anda siap menjual.” Apa maksudnya?
Maksudnya, tak peduli seberapa baik produk atau layanan anda, calon konsumen tetap tak akan membeli selama mereka belum siap membeli. Sekalipun mungkin mereka selama ini telah menjadi konsumen anda, kalau mereka belum siap membeli lagi, penjualan tak akan terjadi.
Penyebab ketidaksiapannya bisa bermacam-macam. Mungkin mereka sedang kesulitan keuangan. Atau bisa saja harus memprioritaskan membeli susu buat anak mereka dan membayar uang sekolah. Barangkali juga cicilan kredit sedang jatuh tempo, dan banyak lagi penyebab yang menurut mereka penting dan perlu didahulukan.
Dalam kondisi semacam ini, sebaik apapun produk anda, menjadi kurang berarti. Karena tak didukung kemampuan daya beli konsumen. Tapi bukan berarti mereka tak jadi membeliMereka hanya menunda saja karena ada kebutuhan lain yang menurutnya lebih mendesak. Tugas kita sebagai pebisnis adalah menjaga hubungan sampai masa penundaaan itu berakhir. Sampai ketika mereka mengatakan “Ya saya siap membeli produk anda”, anda selalu siap menyambutnya dengan tangan terbuka.
Memang perilaku konsumen kadang sulit ditebak. Bisa saja mereka langsung membeli produk anda pada detik ini juga. Tapi bisa juga tidak. Jika mereka siap, baru mereka membeli. Artinya kita tak tahu kapan konsumen memutuskan membeli. Bisa saja yang kita kira akan membeli, ternyata mendadak ada kondisi darurat yang membuatnya menunda membeli.
Kalau itu yang terjadi, bukan lalu kita meninggalkannya. Tapi sebaliknya kita harus tetap jaga hubungan dengannya.
Maka penting untuk selalu mem-follow up para prospek dan menjaga hubungan dengan para konsumen anda secara rutin. Ya, menjaga hubungan secara kontinu adalah tantangan sekaligus kunci sukses bisnis 
Dalam dunia bisnis, adalah hal yang wajib untuk memuaskan konsumen. Sering kali kita juga mendegar kalimat “konsumen adalah raja”. Tapi yang menjadi pertanyaan bagi sebagian pengusaha adalah bagaimana kita memuaskan konsumen? Bagaimana caranya agar konsumen kita tidak lari atau beralih ke produsen lain? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya adalah mempelajari atau mengenal lebih lanjut tentang perilaku konsumen tersebut. Karena setiap konsumen memiliki pandangan atau interest yang berbeda pada sebuah produk.
Yang akan dibahas dalam tulisan kali ini adalah tentang perilaku konsumen. Apa itu perilaku konsumen? Perilaku Konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka.
Definisi lainnya adalah bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumber dayanya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.
Analisis tentang berbagai faktor yang berdampak pada perilaku konsumen menjadi dasar dalam pengembangan strategi pemasaran. Ya, pemasar wajib memahami konsumen, seperti apa yang dibutuhkan, apa seleranya, dan bagaimana konsumen mengambil keputusan.


perilaku pasar pada konsumen meliputi :

1. informasi statistik
informasi ini dapat menjawab masalah siapa, apa, berapa, kapan, dan dimana pembelian itu dilakukan. salah satu contohnya : biasanya para remaja sangat suka sekali membeli parfum untuk menambah rasa percaya diri seseorang. biasanya mereka membeli sebulan sekali atau bahkan seminggu sekali tergantung pemakaian orang tsb. parfum memang salah satu pelengkap penampilan seseorang biasanya digunakan sebelum bepergian dan dibeli ketika membuthkannya atau sudah habis. parfum dapat di beli disupermarket atau di toko parfum harganya pun bervariasi berkisar antara 20000-50000 bahkan ada jenis parfum yang aromanya sangat tahan lama dan bahkan di jual dengan harga seratus ribu lebih bahkan bisa mencapai jutaan.
1)   Apa produk yang di konsumsi ?
Jawab: produk yang di konsumsi oleh saya kali ini adalah Susu MILO
2)   Siapa yang mengkonsumsi produk ini ?
Jawab: yang mengkonsumsi produk ini adalah saya dan keluarga
3)   Berapa harga susu MILO tersebut ?
Jawab: harga yang ditawarkan pada produk susu ini adalah sekitar Rp.40.000,00
4)   Kapan biasanya produk ini dibeli ?
Jawab: ibu saya  membeli produk ini setiap 1 bulan sekali.
5)   Di mana anda membeli produk tersebut ?
Jawab:ibu  saya membeli produk tersebut langsung di supermarket.

2. informasi psikolojik
informasi ini mampu menjelaskan mengapa seseorang membeli atau menolak suatu produk. meliputi peranan motivasi, persepsi, pemahaman, sikap, kepercayaan, dan kepribadian seseorang yang mendasari tindakan pengambilan keputusan. contoh : banyak orang yang membeli parfum karena menurut sebagian orang sangat penting karena dapat menunjang penampilan mereka khususnya kaum perempuan tetapi ada juga sebagian yang tidah begitu suka dengan parfum mungkin menurut mereka parfum itu hanya untuk memikat seseorang atau karena tidak suka dengan wanginya yang
mencolok atau tajam.

MOTIVASI
Keluarga saya membeli produk susu tersebut karena termotivasi untuk hidup sehat. Sehingga  tidak kekurangan kalsium dan protein yang terkandung dalam produk susu tersebut.
*  PERSEPSI
Berdasarkan pengalaman pribadi keluarga saya yg telah mencoba berbagai macam susu dan menurut keluarga saya susu MILO kaya akan protein sehingga dapat melancarkan umenjalani aktifitas .
*  KEPERCAYAAN
sebelum susu keluarga saya selalu melihat unsur yang terkandung dalam susu tersebut dan membandingkan unsur tersebut dengan produk susu lain. Begitu susu tersebut telah memenuhi kualifikasi maka keluarga saya memutuskan untuk mengkonsumsi produk tersebut.
*  SIKAP
Keputusan membeli atau tidak membeli merupakan jawaban dari sikap seseorang dalam menentukan produk susu .

3. informasi dinamik
informasi ini menjelaskan tentang bagaimana proses pembelian itu terjadi. contoh : seseorang yang ingin membeli parfum apabila parfum mereka sudah habis atau pemula yang ingin mencoba memakainya apalagi dari sebagian kaum perempuan ada yang menyukai hobi kolektor parfum karena memang parfum itu mempunyai berbagai aroma yang khas dan unik. jika parfum seseorang habis pasti mereka akan langsung membelinya ke supermarket terdekat atau di toko parfum. setelah mereka mencari dan menemukan aroma parfum yang sesuai dengan kepribadian mereka pasti mereka akan langsung membeli nya.

look it :D