Halaman

Rabu, 29 September 2010

DASAR PEMASARAN


PENDAHULUAN

Pada mata kuliah ini kita membahas tentang dasar pemasaran . Materi dasar pemasaran ini berisi pemahaman tentang pengertian pasar . Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan istilah pasar .  Seperti yang kita semua ketahui pasar merupakan tempat dimana para penjual dan pembeli saling berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses jual beli terhadap barang atau jasa .Banyak sekali manfaat pasar untuk menunjang kehidupan kita salah satu nya adalah untuk memenuhi kebutuhan pokok kita sehari-hari . Sehingga kita di mudah kan untuk mencari kebutuhan sehari-hari . Banyak sekali barang-barang yang dapat kita beli di pasar . hampir semua keperluan sehari-hari yang kita butuhkan ada di pasar .














ISI
PASAR .
Pengertian pasar secara sempit : tempat terjadi nya transaksi jual beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeleli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu . Pada umum nya transaksi jual beli melibatkan produk barang atau jasa dan uang sebagai alat transaksi pembayaran yang sah . Transaksi itu sediri adalah kesepakatan dalam kegiatan jual beli . Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak
Pengertian pasar secara luas : orang-orang yang mempunyai keinginan/kemampuan untuk menjual barang dan jasa sedangkan pembeli yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidup nya, uang sebagai alat untuk bertransaksi nya .  Pada umum ny bertujuan untuk pemenuhan , kepuasan , kebutuhan dan keinginan nya .
Pengertian pasar secara khusus : sebagai sarana distribusi , sebagai pembentuk harga dan sebagai sarana promosi .
Adapun syarat-syarat dapat terjadinya pasar :
a. Ada tempat untuk berniaga
b. Ada barang dan jasa yang akan diperdagangkan.
c. Terdapat penjual barang tertentu
d. Adanya pembeli barang
e. Adanya hubungan dalam transaksi jual beli.

Jenis-jenis pasar menurut bentuk kegiantan nya :
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
PEMASARAN
Pemasaran merupakan bagian yang penting berhubungan dgn pasar , karna pasar yang ada sekarang merupakan pasar pembeli dimana terjadinya transaksi jual beli tergantung pada keputusan pembeli sendiri . Dengan demikian bila kita mendengar kata “pemasaran” berarti kita harus menghubungkan berbagai kegiatan perusahaan seperti penjualan , perdagangan , distribusi dan penetapan harga dan sebagainya .
Pemasaran adalah proses atau kegiatan penyusunan maupun pemasar komunikasi/bisnis terpadu yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan memberikan informasi terhadap barang dan jasa serta mempromasikan melalui proses pertukaran dan dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan . Tetapi tujuan nya juga sebenarnya adalah demi kepentingan perusahaan juga .
Pemasaran itu sendiri dimalai dari pemenuhan kebutuhan manusia yang kemidian berkembang menjadi keinginan manusia .
Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses). Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow
Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.
Dalam melakukan pemasarn kita juga perlu strategi yang pas pas dan menarik untuk membuat konsumen tertarik terhadap barang dan jasa yang kita tawarkan karna strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Strategi pemasaran ini pula di pengaruhi oleh dua factor yaitu  mikro dan makro .
1.     Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2.     Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.




















KESIMPULAN

Dapat kita simpulkan bahwa pasar dan pemasaran itu saling berhubungan . pemasaran merupakan proses kegiatan dari produsen kepada konsumen . Semua kegiatan itu sangat berhubungan dengan pasar dimana produsen yang menawarkan barang-barang akan bertemu dengan konsumen yang membutuhkan nya . Jadi hubungan pemasaran dan pasar sangat erat karna pasar merupakan tempat transaksi jual beli sedangkan pemasaran merupakan kegiatan bagaimana produsen dapat menstabilkan harga untuk para konsumen nya .














DAFTAR PUSTAKA

Anief, Moh. 2000. Prinsip dan Dasar Manajemen: Pemasaran Umum dan Farmasi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
ORGANISASI.ORG

look it :D